Home / News / SBY Will Come Down from the Mountain to Support Prabowo, Says He Has 3 Reasons, Touches on the Figure of a Warrior

SBY Will Come Down from the Mountain to Support Prabowo, Says He Has 3 Reasons, Touches on the Figure of a Warrior

Bakal Turun Gunung Dukung Prabowo, SBY Disebut Punya 3 Alasan, Singgung Sosok Pejuang

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi – PAN beberkan alasan Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) labuhkan dukungan ke Prabowo Subianto.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, membeberkan pertimbangan Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melabuhkan dukungan ke bakal capres Prabowo Subianto.

Dukungan itu disampaikan SBY saat menyambangi rumah Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023) kemarin.

Viva mengatakan alasan SBY dan Partai Demokrat merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) lantaran merasa nyaman.

Selain itu, kata Viva, SBY juga melihat latar belakang Prabowo Subianto yang merupakan seorang pejuang TNI.

“Silaturahmi tadi ditegaskan pak SBY yang menyatakan bahwa Partai Demokrat menyatakan mendukung Prabowo di Pilpres 2024,” kata Viva dalam program Kompas Malam Kompas TV, Minggu (17/9/2023).

“Alasannya, pertama, Pak Prabowo ini adalah seorang pejuang yang pernah dididik bersama-sama dalam satu almamater,” lanjutnya.

Viva menuturkan, Partai Gerindra dan Demokrat yang memiliki sejarah panjang kerja sama karena pernah berkoalisi pada pemilu-pemilu sebelumnya.

“Kemudian yang kedua, Partai Demokrat merasa nyaman karena pernah bekerja sama di Pemilu sebelumnya,” kata Viva.

Kemudian, Demokrat juga menilai bahwa program maupun visi Prabowo sebagai capres dianggap tak memiliki perbedaan yang signifikan.

“Ketiga, dari platform, visi, program relatif tak ada perbedaan secara signifikan,” kata Viva.

Dalam pertemuan kemarin, Viva juga menyampaikan bahwa SBY bakal turun gunung untuk ikut andil memenangkan Prabowo di Pilpres 2024.

“Pak SBY juga menyatakan akan turun gunung untuk memenangkan Pak Prabowo Subianto untuk menjadi Presiden 2024,” tuturnya.

Gerindra Tunggu Demokrat Deklarasi Resmi

Wakil Ketua Umum Gerindra Budisatrio Djiwandono mengatakan, saat ini pihaknya tinggal menunggu pernyataan resmi dari Demokrat atas dukungannya.

“Tentu kita berharap ada saatnya nanti partai Demokrat akan mengumumkan atau mendeklarasikan secara resmi tapi tadi ya kita sangat intens, sangat terbuka, pembahasannya, bercanda tapi serius,” kata Budi di Hambalang, Minggu (17/9/2023).

Budi menilai dalam pertemuan kemarin terlihat adanya kesamaan semangat dari SBY dan Prabowo.

Atas hal itu, Budi berharap agar Partai Demokrat melalui AHY bisa dapat memberikan pernyataan secara resmi.

SBY bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta jajaran bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beserta para Ketua Umum dari Koalisi Indonesia Maju di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

SBY bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta jajaran bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beserta para Ketua Umum dari Koalisi Indonesia Maju di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023). (istimewa)

“Saya rasa kami menangkap semangat Pak SBY dan tentu ketum Demokrat Mas AHY dan kami sangat berharap pada waktunya nanti akan ada pengumuman secara resmi,” beber dia.

Meski begitu, anggota Komisi IV DPR RI itu menegaskan kalau ke depan, hubungan Gerindra dan KIM bersama dengan Demokrat akan terus berlanjut.

Terdekat, Demokrat bakal menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang diketahui akan menjadi sarana Demokrat untuk mengumumkan langkah politik.

Pada agenda itu, Budi menunggu adanya undangan dari Demokrat terhadap Gerindra.

“Moga-moga pada saatnya dalam waktu dekat, kami akan bersama-sama kembali lagi, apakah itu nanti forum Rapim, kami masih menunggu kabar selanjutnya,” tukas dia.

 

(Tribunnews.com/Milani Resti/Rizki Sandi Saputra)